Tags

, , , ,

Komputer yang ada dan kita pakai saat ini merupakan perkembangan dari berbagai generasi teknologi komputer sebelumnya yang semakin disempurnakan baik bentuk, fungsi, maupun kecanggihannya. Perkembangan yang terjadi setahap demi setahap dimana komputer yang lebih baru umunya akan mendukung komputer yang sebelumnya (backward compatible) sehingga bentuk perkembangan ini sering dinamakan sebagai sebuah evolusi perkembangan komputer.

Tergolong komputer generasi keberapakah komputer yang kita gunakan saat ini, tentunya untuk menentukannya kita perlu mengetahui ciri-ciri dari teknologi yang digunakan dari generasi ke generasi. Tinjauan perkembangan komputer dapat dikelompokkan menjadi sejarah perkembangan perangkat keras (hardware) dan sejarah perkembangan teknologi perangkat lunak (software).

1. Hardware

1.1 Perkembangan Hardware

Secara garis besar perkembangan teknologi hardware komputer dikelompokkan dalam  dua periode perkembangan, yaitu periode sebelum tahun 1940 dan setelah tahun 1940. Perkembangan sebelum tahun 1940 dapat dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik. Bahkan ribuan tahun alat seperti abacus (sempoa) suda dipergunakan oleh para ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani untuk melakukan perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Baru tahun 1617, Jhon Naiper menciptakan metode logaritma yang dinamakan Naiper’s Bones. Alat ini dapat dipakai untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup pada tahun 770-840 Masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya itu.

Pada tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung mekanik yang pertama dan diberinama pascaline. Mesin ini beroperasi dengan menggerakkan gigi pada roda. Selanjutnya pada tahun 1673, mesin hitung Leibnitz atau ‘Stepped Reckoner’ telah dirancang oleh ahli filsafat dan matematika Jerman, Baron Gottfried Wilheim Von Leibnitz, dengan dasar dari mesin pascaline. Sejarah perkembangan komputer selanjutnya merambah pada bidang penenunan sutra, dimana pada tahun 1804 Joseph-Marie Jacquard membangun mesin penenun sutra yang bisa dikendalikan. Mesin itu diatur dengan satu set perintah untuk melaksanakan satu tugas khusus.

abacusAbacus/sempoa

Sekitar tahun 1890 Jackquard membuat konsep punched, yaitu sebuah konsep yang melakukan tugas pada dua buah kemungkinan yaitu dengan menentukan adanya lubang (plong) dan tiada berlubang yang menandakan permulaan penggunaan nomor biner dalam pemrosesan data. Selanjutnya pada tahun 1890 Herman Hollerith mempopulerkan penggunaan kartu plong (punch card) sebagai alat input data dengan menciptakan mesin penjadwalan Hollerith.

Baru pada tahun 1822 Charles Babbage yang dikenal sebagai “Bapak Komputer” telah merancang apa yang dinamakan Difference Engine, yang selanjutnya dikembangkan menjadi Analytical Engine pada tahun 1833 yang oleh George Scheutz pada tahun 1855, dan pada tahun 1889 digunakan sebagai mesin kilang analitik. Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang dirancang oleh Babbage yang terdiri atas input, memori, pemrosesan, dan output.

Pada tahun 1854, ahli matematika dari Inggris, George Boole telah mencipta suatu bidang aljabar. Pada tahun 1937, Howard Aiken memperkenalkan mesin yang dibuat dari komponenkomponen mekanik dan elektronik yang dinamai MARK 1. Mesin ini bisa menyelesaikan masalah fungsi trigonometri dan dasar perhitungan matematika. Setelah itu baru muncul teknologi baru komputer dengan perangkat elektronik digital.

1.1.1 Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

1.1.1.1 ENIAC

Electronick Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunkan untuk kebutuhan umum. Proposal ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibut pada tahun 1943 oleh D. John W.Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan sekitar 167 m2.

Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu 1 detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari. Ini merupakan operasi yang paling cepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.

ENIACENIAC

1.1.1.2 Mesin Von Neuman

Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matematika yaitu Jhon Von Neumann yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar adapt direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan di dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan oleh Turing. Selanjutnya Von Neumann memublikasikannya dengan nama baru yaitu Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).

Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), dan UNIVAC 1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunanakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.

Dengan konsep itulah Jhon Von Neumann dijuluki sebagai Bapak Komputer Modern pertama di dunia, yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. Sedikit sejarah tentang Jhon Von Neumann, bahwa dia dilahirkan di Budapest, Hongaria, 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Jhon Von Neumann sangat cerdas dengan matematika dan angka-angka. Pada usia enam tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya di luar kepala. Pendidikannnya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. Tapi kemudian kembali pada kesukaannya, matematika, dan menyelaesaikan doktoralnya di bidang matematika pada tahun 1928. Di tahun 1930 dia mendapat kesempatan pergi ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari emam profesor matematika di sana. Jhon Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.

Jhon Von Neumann juga merupakan orang yang pertama mencetuskan istilah “game theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk menyimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk menyimulasikan perang (penting di dunia pertahanan).

john von neumanJohn Von Neuman

1.1.1.3 Komputer Komersial Pertama

Pada pertengahan tahun 1950 ENIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman  tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose (tujuan umum) pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. Hal ini yang disebut sebagai taun kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer ENIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963.

1.1.1.4 Komputer-komputer IBM

IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.

ibm-360

ibm-360

1.1.2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
  • Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat inggi seperti FORTRAN dan COBOL.
  • Kapasitas memori utama dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  • Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  • Kemapuan melakukan proses real-time dan real-sharing.
  • Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
  • Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  • Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil.
  • Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah ke aplikasi teknik.

Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala diperkecil ke skala mikroskopik. Pada bulan Juni tahun 2001 para peneliti dari intel telah memperkenalkan transistor silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran hanya 20 nanometer atau sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (GigaHetz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya mini komputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya juga lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Koomputer DEC PDP-8 adalah mini komputer pertama yang dibuat pada tahun 1964 untuk  keperluan pengolahan data komersial.

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90 dan 1107, Burroughs 200 (pabrik pembuatannya Burroughs), IBM 7070, 7080, 11400, dan 1600 (pabrik pembuatnya IBM), NCR 300 (pabrik pembuatnya National Cash Register), Honeywell 400 dan 800 (pabrik pembuatnya Honeywell), CDC 1604 dan 160A (pabrik pembuatnya Control data Corporation), serta GE 635, 645, dan 200 (pabrik pembuatnya General Electric).

1.1.3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Pada generasi ketiga inilah teknologi integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithic (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam suatu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam suatu chip. MST lebih kecil tetapi memiliki kemampuan lebih besar dibanding SLT.

IC dibuat pertama kali oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri lain komputer generasi ketiga adalah:

  • Karena menggunkan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  • Menggunakan media penyimpan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Penggunaan listrik yang lebih hemat.
  • Kemapuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  • Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Harga yang semakin murah.
  • Kemampuan melakukan dengan komputer lain.

ICIC

Contoh-contoh komputer generasi ketiga diantaranya adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR Cntury, GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000, PDP-8 dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).

1.1.4. Komputer Generasi Keempat (1970-1980an)

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Bedanya bahwa IC pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip ditulis untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very large Scale Integration (VLSI) yang dapat menamung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada suatu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memiliki instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (control program for microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft BASIC (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satu pun yang PC-compatible atau Macintosh-compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).

1.1.5 komputer generasi kelima (1980-an?)

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membuat sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC. Pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis dengan proses 16 bit per satuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Pada perkembangan selanjutnya perubahan terbesar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pioner standar hardware dan software dunia.

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dianamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliunan operasi per detik sementara teknologi cjip hanya mampu memproses miliaran operasi per detik. Komputer pada generasi ini akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia akan dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelegence”, selain itu juga berbasis Graphic User interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang  lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 deperkenalkan pada tahun 1989 yang memmiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIOS (Million Instruction per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium (Code Named Merced), yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan suatu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibelity dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa semenjak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan orang masih menggunakan basis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga bentuk tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin  canggih.

1.1.6. Komputer Generasi Masa Depan

Rasanya sulit membayangkan rancangan dari komputer masa depan. Dengan adanya komputer saat ini saja secara fungsi kita sudah merasa bisa “menggenggam dunia”, dalam arti bahwa segala sesuatu tentang data dan informasi di seluruh dunia bisa kita dapatkan dalam sekejap mata.

Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang terbuat dari bahan protein sintetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Jadi secara prinsip ciri-ciri dari komputer masa mendatang adalah lebih cangggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berfikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer akan memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku pembuatnya (manusia). Di samping itu, kelebihannya yang lain yaitu kecerdasan memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan. Bahkan semakin besar aktivitas akan digantikan oleh perangkat yang dinamakan komputer, kita tunggu saja.

BagaimanaBagaimana ya????

Download Materi Sejarah Komputer

About these ads