Contoh Penelitian Teknik Informatika (2)

Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bengkulu Menggunakan Metode A Priori

By Zefy Arlinda

 

1.1.            Latar Belakang

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini khususnya dalam aplikasi-aplikasi database yang diiringi dengan meningkatnya kapabilitas media penyimpanan yang semakin besar memungkinkan terjadinya akumulasi data dalam jumlah besar. Akumulasi data ini membentuk sebuah gudang data yang mengandung banyak informasi penting. Bila tidak digali, informasi penting yang terpendam di gudang data akan menjadi tidak berguna. Pemanfaatan gudang data yang ada untuk menggali informasi yang berguna membantu mengambil keputusan mendorong munculnya cabang ilmu baru. Cabang ilmu baru ini digunakan untuk mengatasi masalah penggalian informasi atau pola yang penting atau menarik dari data dalam jumlah besar, yang disebut dengan data mining.

Menurut Turban (dalam Kusrini dan Lutfi, 2009:3) ‘Data mining adalah suatu istilah yang digunakan untu menguraikan penemuan pengetahuan di dalam database. Data mining adalah proses yang menggunakan  teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengektraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar.’

 Pemanfaatan teknik data mining diharapkan dapat memberikan informasi-informasi yang sebelumnya tersembunyi di dalam gudang data sehingga menjadi informasi yang berharga. Salah satu kelompok data mining berdasarkan tugas yang dapat dilakukan adalah asosiasi. Algoritma a priori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Analisis atau association rule mining merupakan teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Contoh aturan asosiatif dari analisis pembelian di suatu pasar swalayan adalah dapat diketahuinya berapa besar kemungkinan seorang pelanggan membeli roti bersamaan dengan susu. Aturan asosiatif tidak hanya dapat digunakan untuk menganalisis pembelian saja, tetapi juga untuk penganalisisan gudang data lainnya termasuk data kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2008, sepanjang tahun 2007 di Propinsi Bengkulu tercatat 4.743 kejadian kecelakaan, dengan jumlah kejadian kecelakaan terbesar di Kota Bengkulu yaitu sebanyak 1.478 kali dan yang terendah adalah di Kabupaten Rejang Lebong dengan kejadian kecelakaan sebanyak 36 kali. Pada tahun 2007 jumlah korban akibat kecelakaan adalah sebanyak 3.988 orang dengan korban meninggal sebanyak 339 orang (8,50%), luka berat sebanyak 797 orang (19,98%), luka ringan sebanyak. 852 orang (71,51%). Angka korban kecelakaan lalu lintas per 100.000 penduduk di Provinsi Bengkulu pada tahun 2007 adalah sebesar 246,68. Oleh karena itu penulis tertarik untuk memanfaatkan data kecelakaan lalu lintas dan data korban kecelakaan lalu lintas, sehingga dapat diketahui informasi tingkat kecelakaan lalu lintas di provinsi Bengkulu melalui teknik data mining.

1.2.            Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun aplikasi data mining untuk menghasilkan informasi yang berguna tentang hubungan tingkat kecelakaan dengan data korban kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan confidence hubungan antara tingkat kecelakaan dengan data korban kecelakaan.

1.3.            Batasan Masalah

Agar pembahasan dalam penelitian ini dapat dilakukan secara terarah dan sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu diterapkan batasan-batasan permasalahan yang akan dibahas, antara lain:

  1. Pada tugas akhir ini hanya menyajikan informasi tentang tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu dengan teknik data mining.
  2. Informasi yang ditampilkan adalah nilai support dan confidence hubungan antara tingkat kecelakaan dengan data korban kecelakaan lalu lintas.
  3. Data yang digunakan adalah data korban  kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu.
  4. Dalam tugas akhir ini tidak membahas pada hasil proses data mining dan analisis hasil yang keluar.

1.4.            Tujuan

Berdasarkan latar belakang di atas tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi yang berguna tentang tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu dengan teknik data mining.

1.5.            Manfaat

Manfaat penelitian yang dapat diambil adalah:

  1. Penulis dapat lebih mengetahui cara menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama ini dalam merancang dan membuat aplikasi sistem dengan teknik data mining.
  2. Menyajikan informasi tentang hubungan tingkat kecelakaan dengan data korban kecelakaan.
  3. Pihak polisi lalu lintas dapat mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas dan mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Bengkulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s