Contoh Penelitian Teknik Informatika (3)

PENGENALAN POLA PENYAKIT PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. M.YUNUS BENGKULU UNTUK PENENTUAN RESTOCK OBAT PADA APOTEK

Oleh: Zefy Arlinda

 

1.1.            Latar Belakang

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini khususnya dalam aplikasi-aplikasi database yang diiringi dengan meningkatnya kapabilitas media penyimpanan yang semakin besar memungkinkan terjadinya akumulasi data dalam jumlah besar. Akumulasi data ini membentuk sebuah gudang data yang mengandung banyak informasi penting. Bila tidak digali, informasi penting yang terpendam di gudang data akan menjadi tidak berguna. Pemanfaatan gudang data yang ada untuk menggali informasi yang berguna membantu mengambil keputusan mendorong munculnya cabang ilmu baru. Cabang ilmu baru ini digunakan untuk mengatasi masalah penggalian informasi atau pola yang penting atau menarik dari data dalam jumlah besar, yang disebut dengan data mining.

Menurut Turban (dalam Kusrini dan Lutfi, 2009:3) ‘Data mining adalah suatu istilah yang digunakan untu menguraikan penemuan pengetahuan di dalam database. Data mining adalah proses yang menggunakan  teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengektraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar.’

Pemanfaatan teknik data mining diharapkan dapat memberikan informasi-informasi yang sebelumnya tersembunyi di dalam gudang data sehingga menjadi informasi yang berharga. Teknik data mining dapat digunakan pada berbagai macam bidang ilmu, termasuk ilmu kesehetan. Pengenalan pola penyakit pasien pada RSUD dr. M. Yunus Bengkulu untuk menentukan restock obat yang seharusnya disediakan pada apotek rumah sakit merupakan suatu masalah yang menarik untuk dikerjakan dengan teknik data mining.

Data pasien dan jenis penyakit yang diderita oleh pasien pada sebuah rumah sakit tentu berbeda-beda, begitu pula yang terjadi pada pasien RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Perbedaan penyakit yang diderita oleh pasien mempengaruhi penentuan obat apa yang harus digunakan. Hal ini membuat apotek di rumah sakit harus menyediakan berbagai macam jenis obat dengan jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Tidak hanya data dan jenis penyakit pasien yang berbeda,  jenis penyakit yang muncul di tiap waktu pun berbeda-beda. Ini artinya persediaan obat pada apotek rumah sakit juga berbeda pada tiap waktu. Untuk menetukan restock obat pada apotek rumah sakit diperlukan pengenalan pola penyakit pasien pada rumah sakit tersebut.

Aplikasi penentuan restock obat mendukung instruksi Presiden (Inpres) No. 3 tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan. Obat adalah salah satu kebutuhan dasar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan merupakan barang publik yang perlu dijamin ketersediannya dalam upaya pemenuhan pelayanan kesehatan.

1.2.            Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun aplikasi data mining untuk mengetahui pola penyakit pasien pada Rumah Sakit dr. M. Yunus Bengkulu yang nantinya dapat berguna untuk penentuan restock obat pada apotek.

 1.3.            Batasan Masalah

Agar pembahasan dalam penelitian ini dapat dilakukan secara terarah dan sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu diterapkan batasan-batasan permasalahan yang akan dibahas, antara lain:

  1. Data pasien yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pasien rumah sakit dr. M. Yunus Bengkulu dari tahun 2007 sampai tahun 2010.
  2. Perancangan aplikasi menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan metode Unified Modeling Language (UML).

1.4.            Tujuan

Berdasarkan latar belakang di atas tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola penyakit pasien pada Rumah Sakit dr. M. Yunus Bengkulu untuk penentuan restock obat pada apotek.

1.5.            Manfaat

Manfaat penelitian yang dapat diambil adalah:

  1. Pihak rumah sakit  dapat mengetahui pola penyakit pasien di rumah sakit dr. M. Yunus Bengkulu.
  2. Pihak rumah sakit dapat menetukan restock obat pada apotek rumah sakit berdasarkan pola penyakit yang didapat.

Penulis dapat lebih mengetahui cara menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama ini dalam merancang dan membuat aplikasi sistem dengan teknik data mining.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s